Interpretasi Hasil Hematokrit (Hct)

Interpretasi Hasil Hematokrit (Hct) - Hallo sahabat TES DARAH LENGKAP, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Interpretasi Hasil Hematokrit (Hct), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Darah Lengkap, Artikel Hematologi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Interpretasi Hasil Hematokrit (Hct)
link : Interpretasi Hasil Hematokrit (Hct)

Baca juga


Interpretasi Hasil Hematokrit (Hct)


Analisa Hematokrit (Hct)
Analisa Hematokrit (Hct)


Info Tentang Hematokrit


Hematokrit (Hct) adalah persentase sel darah merah terhadap volume darah total. 
Nilai normal Hematokrit :

  • Pria             : 40% - 50%   SI unit   : 0.4 - 0.5
  • Wanita        : 35% - 45%   SI unit   : 0.35 - 0.45

Implikasi Klinik :

  1. Penurunan nilai Hct merupakan indikator anemia (karena berbagai sebab), reaksi hemolitik, leukemia, sirosis, kehilangan banyak darah dan hipertiroid. Penurunan sebesar 30% menunjukkan pasien mengalami anemia sedang hingga parah.
  2. Peningkatan nilai Hct dapat terjadi pada eritrositosis, dehidrasi, kerusakan paru-paru kronik, polisitemia dan syok.
  3. Nilai Hct biasanya sebanding dengan nilai sel darah merah pada ukuran sel eritrosit normal, kecuali pada kasus anemia makrositik atau mikrositik.
  4. pada pasien anemia karena kekurangan zat besi (ukuran sel darah merah lebih kecil), nilai Hct akan terukur lebih rendah karena sel mikrositik terkumpul pada volume yang lebih kecil walaupun jumlah sel darah merah terlihat normal.
  5. Satu unit darah akan meningkatkan Hct 2% - 4%
  6. Nilai normal Hct adalah sekitar 3 kali nilai hemoglobin
Faktor Pengganggu

Individu yang tinggal pada dataran tinggi memiliki nilai Hct yang tinggi demikian juga Hemoglobin dan sel darah merahnya. Normalnya Hct akan sedikit menurun pada hidremia fisiologis pada saat kehamilan. Nilai Hct normal bervariasi sesuai umur dan jender. nilai normal untuk bayi lebih tinggi karena bayi baru lahir memiliki banyak sel makrositik. Nilai Hct pada wanita biasanya sedikit lebih rendah dibandingkan laki-laki. 

Selanjutnya, terdapat kecenderungan nilai Hct yang lebih rendah pada kelompok umur lebih dari 60 tahun, terkait dengan nilai sel darah merah yang lebih rendah pada kelompok umur ini. selain itu dehidrasi parah karena berbagai sebab juga dapat meningkatkan nilai Hct didalam darah.

Hal Yang Harus diwaspadai

Nilai Hct < 20% dapat menyebabkan gagal jantung hingga kematian, Hct > 60% terkait dengan pembekuan darah spontan. 


Demikianlah Artikel Interpretasi Hasil Hematokrit (Hct)

Sekianlah artikel Interpretasi Hasil Hematokrit (Hct) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Interpretasi Hasil Hematokrit (Hct) dengan alamat link https://ericandhilaryrose.blogspot.com/2014/03/interpretasi-hasil-hematokrit.html

0 Response to "Interpretasi Hasil Hematokrit (Hct)"

Post a Comment