Plasma Darah

Plasma Darah - Hallo sahabat TES DARAH LENGKAP, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Plasma Darah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hematologi, Artikel Hemostasis, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Plasma Darah
link : Plasma Darah

Baca juga


Plasma Darah

Plasma Darah
Plasma Darah

 Apa Itu Plasma Darah

Plasma darah adalah komponen yang sering dilupakan pada darah. Plasma darah adalah komponen darah yang berbentuk cairan yang berwarna kuning yang menjadi medium sel-sel darah, dimana sel darah ditutup. Sel darah putih, sel darah merah serta trombosit merupakan komponen yang sangat penting untuk menjalankan fungsi tubuh, tetapi plasma juga memainkan pekerjaan yang sangat penting juga. Plasma darah membawa komponen darah ini ke seluruh tubuh sebagai cairan.

Fakta Tentang Plasma Darah

Plasma darah merupakan komponen terbesar dalam darah yaitu sekitar 55% dari komponen darah. Plasma darah adalah cairan kuning muda seperti warna jerami, berbentuk cairan dan membawa garam dan enzim keseluruh tubuh.

Tujuan utama plasma sebenarnya adalah mengangkut nutrisi, hormon, dan protein ke bagian tubuh yang membutuhkannya. Sel juga menyimpan produk-produk limbah mereka kedalam plasma darah, dan pada gilirannya plasma akan membuang limbah tersebut dari tubuh. Plasma darah juga mengangtar pergerakan semua elemen darah melalui sistemm peredaran darah.

Pentingnya Plasma Darah Untuk Kesehatan Kita

Plasma darah adalah komponen penting dalam pengobatan banyak masalah kesehatan yang serius. inilah sebabnya mengapa ada donor darah yang sering mendorong orang untuk menyumbangkan Plasma darah.

Seiring dengan air, garam, dan enzim, plasma manusia juga mengandung komponen penting, seprti imunoglobulin (antibodi), faktor pembekuan, dan protein albumin dan fibrinogen. Protein dan antibodi ini digunakan untuk menerapkan berbagai terapi untuk kondisi kronis langka, seperti gangguan autoimun dan hemofilia. Dengan bantuan donor plama darah ini orang-orang dengan kondisi ini dapat hidup lama dan produktif.

Donor Plasma Darah

Jika anda memenuhi syarat sebagai pedonor, anda akan menghabiskan waktu sekitar satu jam lebih untuk melakukannya. selama proses donor darah, darah diambil melalui jarum yang ditancapkan pada pembuluh darah vena pada bagian lengan. Kemudian mesin khusus akan memisahkan plasma (dan sering trombosit) dari sampel darah. Proses ini disebut plasmapheresis. Sel-sel darah merah yang tersisa dan komponen darah lainnya kemudian dikembalikan ketubuh anda bersama dengan saline (garam) dalam jumlah yang kecil.

Orang dengan golongan darah AB dalam permintaan terbesar untuk sumbangan plasma. Meskipun mereka membuat hanya 4% dari jumlah populasi, plasma mereka bersifat universal yang berarti dapat digunakan oleh siapa saja.


Demikianlah Artikel Plasma Darah

Sekianlah artikel Plasma Darah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Plasma Darah dengan alamat link https://ericandhilaryrose.blogspot.com/2014/09/plasma-darah.html

0 Response to "Plasma Darah"

Post a Comment