Interpretasi Hasil Leukosit

Interpretasi Hasil Leukosit - Hallo sahabat TES DARAH LENGKAP, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Interpretasi Hasil Leukosit, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Darah Lengkap, Artikel Hematologi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Interpretasi Hasil Leukosit
link : Interpretasi Hasil Leukosit

Baca juga


Interpretasi Hasil Leukosit

Leucosit
Jenis Sel Leucosit 

Info Tentang Sel Leukosit

Leukosit adalah sel darah putih di dalam darah yang berfungsi melindungi tubuh dan melawan infeksi dengan memfagosit organisme asing dan memproduksi atau mengangkut/ mendistribusikan antibodi. 
Ada dua tipe utama dari sel leukosit ini, yaitu :
  • Granulosit     :  Basofil, Neutrofil, Eosinofil 
  • Agranulosit   :  Limfosit dan Monosit
Leukosit terbentuk di sumsum tulang (myelogenous), disimpan dalam jaringan limfatikus (limfa, timus dan tonsil) dan diangkut oleh darah ke organ dan jaringan. Umur Leukosit adalah 13 - 20 hari. Vitamin, Asam folat dan asam amino dibutuhkan dalam pembentukan leukosit. Sistem endokrin mengatur produksi, penyimpanan dan pelepasan leukosit.

Perkembangan granulosit dimulai dengan myeloblast (sel muda di sumsum tulang) kemudian berkembang menjadi promyelosit, myelosit, metamyelosit dan bands (neutrofil pada tahap awal dewasa) dan akhirnya neutrofil. perkembangan limfosit dimulai dengan limfoblast (belum dewasa) berkembang menjadi prolimfoblast dan akhirnya menjadi limfosit (sel dewasa). perkembangan monosit dimulai dengan monoblast (belum dewasa) kemudian tumbuh menjadi promonosit dan selanjutnya menjadi monosit (sel dewasa).

Nilai Normal Sel Leukosit   : 3.200 - 10.000 / mm3        

Implikasi Klinik 
  1. Nilai krisis leukositosis  ; 30.000/ mm3 . Leukosit hingga 50.000/mm3 mengindikasikan gangguan diluar sumsum tulang (bone marrow). Nilai leukosit yang sangat tinggi (diatas 20.000/mm3 ) dapat disebabkan oleh leukimia. penderita kanker post-operasi (setelah operasi) menunjukkan pula peningkatan leukosit walaupun tidak dapat dikatakan infeksi.
  2. Biasanya terjadi akibat peningkatan 1 tipe saja (neutrofil). Bila tidak ditemukan anemia dapat digunakan untuk membedakan antara infeksi dengan leukimia.
  3. Pendarahan, trauma, obat-obatan (misal; merkuri, epinefrin, kortikosteroid), nekrosis, toksin, leukimia dan keganasan adalah penyebab lain leukositosis.
  4. Leukopenia adalah penurunan jumlah sel leukosit, yaitu <4000/ mm. Penyebab leukopenia antara lain :
    • Infeksi virus, hiperplenism, leukimia
    • Obat (antimetabolit), antibiotik, antikonvulsan, kemoterapi
    • Anemia Aplastik/ pernisiosa
    • Multipel mieloma
  5. Prosedur pewarnaan : Reaksi netral untuk netrofil ; Pewarnaan asam untuk eosinofil ; Pewarnaan Basa untuk basofil.
  6. Fungsi dari jenis sel leukosit :
    • Neutrofil melawan infeksi bakteri dan gangguan radang
    • Eosinofil melawan gangguan alergi dan infeksi parasit
    • Basofil melawan diskasia darah dan penyakit myeloproliferatif
    • Limfosit melawan infeksi virus dan infeksi bakteri
    • Monosit melawan infeksi yang hebat


Demikianlah Artikel Interpretasi Hasil Leukosit

Sekianlah artikel Interpretasi Hasil Leukosit kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Interpretasi Hasil Leukosit dengan alamat link https://ericandhilaryrose.blogspot.com/2014/03/interpretasi-hasil-leukosit.html

0 Response to "Interpretasi Hasil Leukosit"

Post a Comment