Interpretasi Hasil Laju Endap Darah (ESR)

Interpretasi Hasil Laju Endap Darah (ESR) - Hallo sahabat TES DARAH LENGKAP, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Interpretasi Hasil Laju Endap Darah (ESR), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Darah Lengkap, Artikel Hematologi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Interpretasi Hasil Laju Endap Darah (ESR)
link : Interpretasi Hasil Laju Endap Darah (ESR)

Baca juga


Interpretasi Hasil Laju Endap Darah (ESR)

ESR
Laju Endap Darah

Info Tentang Laju Endap Darah (ESR)

Laju Endap Darah (LED) atau Juga biasa disebut Erithrocyte Sedimentation Rate (ESR) adalah ukuran kecepatan endap eritrosit, meggambarkan komposisi plasma serta perbandingan eritrosit dan plasma. Laju Endap Darah dipengaruhi oleh berat sel darah dan luas permukaan sel serta gravitasi bumi.

Nilai Normal Lau Endap Darah :


  • Pria          : < 15 mm/ 1 Jam
  • Wanita      : < 20 mm / 1 Jam
Implikasi Klinik
  1. Nilai LED meningkat terjadi pada ; kondisi infeksi akut dan kronis, misalnya tuberkulosis, arthitisreumatoid, infark miokard akut, kanker, penyakitHodkin's, gout, Systemic Lupus Erithematosus (SLE), penyakit tiroid, luka bakar, kehamilan trimester II dan III. Peningkatan nilai LED > 50 mm/jam, harus diinvestigasi lebih lanjut dengan melakukan pemeriksaan terkait infeksi akut maupun kronis, yaitu : kadar protein dalam serum atau protein immunoglobulin,Anti Nuclear Antibody (ANA) tes, reumatoid factor. Sedangkan Peningkatan LED > 100 mm/jam selalu dihubungkan dengan kondisi serius, misalnya infeksi, malignansi, paraproteinemia, primary macroglobulinaemia, hiperfibrinogenaemia, polymyalgia rheumatic.
  2. Nilai LED menurun terjadi pada ; Polisitemia, gagal jantung kongesti, anemia sel sabit, Hipofibrinogenemia, serum protein rendah interaksi obat dengan hasil laboratorium, :etambutol, kuinin, aspirin, dan kortison.


Demikianlah Artikel Interpretasi Hasil Laju Endap Darah (ESR)

Sekianlah artikel Interpretasi Hasil Laju Endap Darah (ESR) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Interpretasi Hasil Laju Endap Darah (ESR) dengan alamat link https://ericandhilaryrose.blogspot.com/2014/03/interpretasi-hasil-laju-endap-darah-esr.html

1 Response to "Interpretasi Hasil Laju Endap Darah (ESR)"