Pengertian Virus ZIKA Yang Mampu Buat Kepala Bayi Mengecil

Pengertian Virus ZIKA Yang Mampu Buat Kepala Bayi Mengecil - Hallo sahabat TES DARAH LENGKAP, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Virus ZIKA Yang Mampu Buat Kepala Bayi Mengecil, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel Gaya Hidup, Artikel Kesehatan, Artikel Virologi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Virus ZIKA Yang Mampu Buat Kepala Bayi Mengecil
link : Pengertian Virus ZIKA Yang Mampu Buat Kepala Bayi Mengecil

Baca juga


Pengertian Virus ZIKA Yang Mampu Buat Kepala Bayi Mengecil

Mengenal Lebih Dekat Pengertian Virus ZIKA

Virus Zika merupakan salah satu virus dari jenis Flavivirus. Virus ini memiliki kesamaan dengan virus dengue, berasal dari kelompok arbovirus. Virus Zika ditularkan melalui gigitan nyamuk. Nyamuk yang menjadi vektor penyakit Zika adalah nyamuk Aedes, dapat dalam jenis Aedes aegypti untuk daerah tropis, Aedes africanus di Afrika, dan juga Aedes albopictus pada beberapa daerah lain. Nyamuk Aedes merupakan jenis nyamuk yang aktif di siang hari, dan daoat hidup di dalam maupun luar ruangan. Virus zika juga bisa ditularkan oleh ibu hamil kepada janinnya selama masa kehamilan.
Siapapun yang tinggal atau mengunjungi area yang diketahui terdapat virus Zika memiliki risiko untuk terinfeksi termasuk ibu hamil.



Virus ini pertama kali ditemukan di hutan Zika, Uganda, Afrika tahun 1947, gigitannya akan berbahaya jika menyerang ibu hamil. Karena beresiko menimbulkan bayi lahir dalam kondisi cacat yakni kondisi kepala dan otak mengecil (Microcephaly). Microcephaly sendiri sangat berbahaya karena bisa membuat bayi mengalami keterbelakangan mental, lambat berbicara hingga bergerak.

1 diantara 5 orang yang terinfeksi virus zika menunjukkan gejala. Adapun gejala infeksi virus zika diantaranya demam, kulit berbintik merah, sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot, sakit kepala, kelemahan dan terjadi peradangan konjungtiva. Pada beberapa kasus zika dilaporkan terjadi gangguan saraf dan komplikasi autoimun. Gejala penyakit ini menyebabkan kesakitan tingkat sedang dan berlangsung selama 2-7 hari. Penyakit ini kerap kali sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan pengobatan medis. Pada kondisi tubuh yang baik penyakit ini dapat pulih dalam tempo 7-12 hari.

Pada beberapa kasus suspek Zika dilaporkan juga mengalami sindrom Guillane Bare. Namun hubungan ilmiahnya masih dalam tahap penelitian. Pada minggu pertama demam, virus Zika dapat dideteksi dari serum dengan pemeriksaan RT-PCR pada ibu hamil. 


Pertanyaannya adalah : Apakah sudah ada vaksin atau obat untuk virus Zika Saat Ini?
Sampai saat ini Belum ada vaksin atau pengobatan spesifik untuk virus ini, sehingga pengobatan berfokus pada gejala yang ada.

Selanjutnya Apa yang harus dilakukan jika terinfeksi virus Zika?
Jika terinfeksi virus Zika, maka lakukan hal-hal sebagai berikut:
 Istirahat cukup
 Konsumsi cukup air untuk mencegah dehidrasi
 Minum obat-obatan yang dapat mengurangi demam atau nyeri
 Jangan mengkonsumsi aspirin atau obat-obatan NSAID (non stereoid anti inflmation) lainnya.
 Cari pengobatan ke pelayanan kesehatan terdekat.

Pencegahan penularan virus Zika

Adapun beberapa cara pencegahan penularan virus ini dapat dilakukan dengan:
  • Menghindari kontak dengan nyamuk
  • Melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) 3M Plus (menguras dan menutup tempat penampungan air, serta memanfaatkan atau melakukan daur ulang barang bekas, ditambah dengan melakukan kegiatan pencegahan lain seperti menabur bubuk larvasida, menggunakan kelambu saat tidur, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, dll
  • Melakukan pengawasan jentik dengan melibatkan peran aktif masyarakat melalui Gerakan Satu Rumah Satu Juru Pemantau Jentik (Jumantik)
  • Meningkatkan daya tahan tubuh melalui perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti diet seimbang, melakukan aktifitas fisik secara rutin, dll.
  • Pada wanita hamil atau berencana hamil harus melakukan perlindungan ekstra terhadap gigitan nyamuk untuk mencegah infeksi virus Zika selama kehamilan, misalnya dengan memakai baju yang menutup sebagian besar permukaan kulit, berwarna cerah, menghindari pemakaian wewangian yang dapat menarik perhatian nyamuk seperti parfum dan deodoran.
Beberapa negara yang pernah melaporkan keberadaan kasus penyait virus Zika adalah Barbados, Bolivia, Brasil, Cap Verde, Colombia, Dominican Republic, Ecuador, El Salvador, French Guiana, Guadeloupe, Guatemala, Guyana, Haiti, Honduras, Martinique, Mexico, Panama, Paraguay, Puerto Rico, Saint Martin, Suriname, Venezuela, dan Yap.


Kelompok Resiko Penularan Virus Zika

Selama ini belum ada bukti yang kuat bahwa ibu hamil lebih berisiko atau mengalami penyakit yang lebih berat selama masa kehamilan. Selain itu juga belum diketahui bahwa ibu hamil lebih berisiko terhadap sindrom guillan barre. Hubungan infeksi virus Zika pada ibu hamil dengan kejadian mikrosefalus pada bayi yang dilahirkan belum terbukti secara ilmiah, namun bukti ke arah itu semakin kuat. Sebelum pergi ke area terjangkit virus Zika dianjurkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Selain itu pada masa selama berada di area terjangkit diharapkan melakukan perlidungan ekstra terhadap gigitan nyamuk. Ibu hamil yang harus diperiksa untuk virus zika adalah yang memiliki riwayat perjalanan dari area terjangkit dan juga memiliki 2 atau lebih gejala dari infeksi virus Zika.


Demikianlah Artikel Pengertian Virus ZIKA Yang Mampu Buat Kepala Bayi Mengecil

Sekianlah artikel Pengertian Virus ZIKA Yang Mampu Buat Kepala Bayi Mengecil kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Virus ZIKA Yang Mampu Buat Kepala Bayi Mengecil dengan alamat link https://ericandhilaryrose.blogspot.com/2016/01/pengertian-virus-zika-yang-mampu-buat.html

0 Response to "Pengertian Virus ZIKA Yang Mampu Buat Kepala Bayi Mengecil"

Post a Comment