Interpretasi Hasil Gula Darah

Interpretasi Hasil Gula Darah - Hallo sahabat TES DARAH LENGKAP, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Interpretasi Hasil Gula Darah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kimia Darah, Artikel Kimia Klinik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Interpretasi Hasil Gula Darah
link : Interpretasi Hasil Gula Darah

Baca juga


Interpretasi Hasil Gula Darah


Gula Darah
Tes Gula Darah Anda

Info Tentang Hasil Pemeriksaan Gula Darah

Glukosa darah dibentuk dari hasil penguraian karbohidrat dan perubahan glikogen dalam hati. Pemeriksaan glukosa darah adalah prosedur skrinning tes yang menunjukkan ketidakmampuan sel pankreas memproduksi insulin, ketidakmampuan usus halus mengabsorbsi glukosa, ketidakmampuan hati mengumpulkan dan memecahkan glikogen.

Nilai Normal Glukosa Test
  • Glukosa Puasa          : 70 - 100 mg/ dL
  • Glukosa 2 Jam PP    : < 140 mg/ dL
  • Glukosa adrandom   : < 180 mg /dL
Implikasi Klinik
  1. Peningkatan gula darah (hiperglikemia) atau intoleransi glukosa (nilai puasa >120 mg/ dL) dapat menyertai penyakit cushing (muka bulan), stres akut, feokromasitoma, penyakit hati kronik, defesiensi kalium, penyakit yang kronik, dan sepsis.
  2. kadar gula darah menurun (hipoglikemia) dapat disebabkan oleh kadar insulin yang berlebihan atau penyakit addison.
  3. Obat-obatan golongan kortikosteroid dan anestetik dapat meningkatkan kadar gula darah menjadi lebih dari 200 mg/dL
  4. Bila konsentrasi glukosa dalam serum berulang-ulang > 140 mg/dL, perlu dicurigai adanya diabetes mellitus.
  5.  Dengan menghubungkan konsentrasi serum glukosa dan adanya glukosa pada urin dapat membantu menentukan masalah glukosa dalam ginjal pasien.
Faktor Pengganggu

Merokok dapat meningkatkan kadar gula darah. Kadar gula darah normal cenderung meningkat dengan penambahan umur. Penggunaan kontrasepsi oral jangka panjang dapat menyebabkan glukosa meningkat secara signifikan pada jam kedua atau spesimen darah berikutnya. kemudian penyakit infeksi dan prosedur operasi mempengaruhi toleransi glukosa. Dua minggu setelah pulih merupakan waktu yang tepat untuk mengukur kadar glukosa.

Perubahan diet (misalnya penurunan berat badan) sebelum pemeriksaan dapat menghilangkan toleransi karbohidrat dan terjadi "false diabetes". Beberapa obat mengganggu kadar toleransi glukosa (tidak terbatas pada) :
  • Insulin
  • Hipoglikemi oral
  • Salisilat dosis besar
  • Diuretik tiazid
  • Koertikosteroid
  • Estrogen dan Kontrasepsi Oral
  • Asam nikotinat
  • Fenotiazin
  • Litium
  • Propanolol;
Jika memungkinkan, obat tersebut seharusnya dihentikan selama paling kurang 3 hari sebelum pemeriksaan.


Demikianlah Artikel Interpretasi Hasil Gula Darah

Sekianlah artikel Interpretasi Hasil Gula Darah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Interpretasi Hasil Gula Darah dengan alamat link https://ericandhilaryrose.blogspot.com/2014/03/interpretasi-hasil-gula-darah.html

1 Response to "Interpretasi Hasil Gula Darah"


  1. Daun Yakon kaya akan kandungan insulin, bagus untuk menurunkan gula darah secara alami, terutama untuk pankreas yang hanya sedikit memproduksi insulin sehingga gula darah cepat naik...

    ReplyDelete